MItos February



Februari adalah bulan ke 2 setelah bulan Januari. Februari tak hanyadi kenal sebagai bulan penuh cinta namun juga ia mudah di ingat  dengan jumlah harinya yang paling sedikit di bandingkan dengan jumlah bulan yang lain. Rupanya berbagai mitospun bermunculan mengenai bulan tersebut, sebagian orang percaya bulan februari berjumlah  29 hari karena Agustus Caesar mencuri satu harinya untuk Agustus.
Pada Mulanya bulan Februari berjumlah 28 hari karena orang orang romania menggunakan kalender romulus pada abad ke 8 sebelum masehi.
Kalender Romulus terdiri dari 10 bulan yang dimulai pada bulan Maret hingga Desember, sehingga bulan Januari dan bulan Februari tidak termasuk. bulan Maret sampai bulan Oktober hari dalam sebulan berselang seling dari 31 dan 30 hari, sementara bulan November dan Desember sama - sama berisi 30 hari. Dengan begitu dalam 1 tahun hanya berisi 304 hari, akan tetapi pada musim dingin belum memiliki nama bulan. 
Raja Numa Pompilius membuat kalender baru ddengan 12 bulan bergantng pada rotasi bulan, ia juga memperkenalkan bulan Januari dan Februari namun bulan Februari kala itu menjadi bulan terkhir dalam kalender tahun bukan bulan Desember.
Kepercayaan mengenai kalender Roma Kuno menyebutkan mereka percaya angka genap membawa ketidak beruntungan sehingga Maret berisi 31 hari, april 29hari, dan hanya Februari sebagai bulan terkhir memiliki 28 hari sehingga dalam 1 tahun terdiri dari 355 hari.
Seiring berjalanya waktu siterm tersebut membawa masalah , bulan tidak singron dengan keadaan/ cuacasehingga Roma menambahkan 1 bulan berisi 27 hari yang di sebut bulan Mercedonius. Setelah beberapa tahun berjalan masyarakat roma semakin bingung karena bulan  Mercedonius tidak konsisten.
Pada masa kaisar Julius Caesar, orang orang sudah tidak tahu lagi mereka berada pada waktu apa. Kemudian Caesar menata kembali kalendernya.
Caesar menyesuaikan dengan kalender matahari dan menambahkan beberapa hari sehingga semuanya genap menjadi 365 hari.
Februari yang tadinya berada di awal tahun sayangnya tetap bertahan dengan 28 hari.
Sumber : Mental Floss

CONVERSATION

0 comments: