Tips bagi Orang Tua Mendidik Buah Hati.



Rasululloh Shallallhu'alaihi wasalam adalah teladan terbaik sepanjang zaman. beliau tidak hanya mengajarkan bagaimana cara mendekatkan diri kepada sang pencipta, tetapi dia juga mengajarkan kepada kita, bagaimana kita sebagai orang tua memberikan pendidikan kepada anak sesuai dengan yang di contohkan kepada beliau SAW. 
Yuk kita telusuri bagaimana sih pendidikan ala nabi kita kalau kita terapkan / ikuti tips tips nya agar nantinya anak - anak kita berbakti kepada orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa. aamiin
mudah mudahan artikel ini mampu memberikan manfaat kepada pembaca dan bila perlu membagikan tips tersebut kepada kerabat kerabat kalian yang memiliki buah hati atau yang dalam kandungan.
Ada beberapa tahapan untuk memperudah kepada kita dalam membaginya dan mengajarkan nya sesuai umur pada si anak tersebut yaitu :
1. Tahapan bayi dalam kandungan.
2. Tahaapan bayi ketika di lahirkan dari rahim ibunya
3. Tahapan masa kanak - kanak sampai baligh
Tahapan pertama janin dalam kandungan
saya akan memberikan sebuah kebiasaan orang yahudi dalam memberikan pendidikan kepada anak anaknya selama di dalam kandungan. Bukan berarti kita mengikuti orang orang yahudi yaa,, akan tetapi penulis akan memberikan kepada kalian para orang tua bagaimana orang yahudi itu memberikan pendidikan kepada anak anaknya sejak kandungan. sejak dahulu zamannya nabi musa sampai sekarang orang - orang yahudi terkenal dengan kecerdasanya, disinilah penulis akan memberikan kebiasaan orang yahudi dalam mendidik anaknya selama di kandungan,.
  1). Wanita yang sedang hamil di yahudi mereka terbiasa mengkonsumsi buah sebagai makanan pembuka sebelum makanan berat masuk ke perutnya
Sebagaimana kita ketahui tumbuhan yang tumbuh di daerah padangpasir hanya kurma. Mereka terbiasa makan buah qurma lalu di campur dengan susu. Untuk makanan yang menghasilkan energi tinggi seperti karbohidrat mereka sering makan roti yang terbuat dari gandum sedangkan lauknya ikan tanpa kepala. Saya tidak begitu paham kenapa mereka tidak memakan ikan kepadanya.
Bila kita contoh dari sisi menu yang sering mereka konsumsi tentunya di Indonesia sudah banyak sekali terpenuhi. Kita sebagai orang tua terutama ibu yang ingin anaknya cerdas sehat dan kuat rutinkanlah mengonsumsi buah dengan susu khusus ibu hamil yang akan meningkatkan sel - sel otak pada janin.
Makan yang bergizi seperti ikan laut dan ikan air tawar yang banyak mengandung minyak ikan jangan makan ikan layur yang di asinkan yaa, he.
  2). Wanita hamil orang yahudi selalu membiasakan diri untuk mengerjakan soal - soal matematika. Jika anak kalian ingin pintar dan cerdas yang dewasa menjadi ilmuan maka bagi seorang ibu sering seringlah mengerjakan soal matematika.
Ambil sisi positifnya yaitu seorang ibu mempelajari soal soal hitung untuk mencerdaskan bayinya, jika sekarang sudah tersedia hp dengan sistem android justru lebih mudah bagi kita untuk mempelajari metode hitung tersebut.
Tahap kedua yaitu setelah melahirkan
Bagi seorang ibu dan bapak ketika anak itu lahir kedunia pastinya membuat mereka bahagia dan mampu meneteskan air mata kebahagiaan.
Ketika anak itu lahir sudah selayaknya kita sebagai seorang muslim menyambutnya dengan mengazankan ke telinganya dengan alasan suara yang pertama kali di dengar oleh seorang bayi adalah ayat suci alquran suapaya menjadi anak yang taat  kepada agamanya dan berbakti kebada kedua orang tua.
Setelah 7 hari wajib di sunnahkan untuk melakukan aqiqoh jika anak perempuan 1 ekor kambing dan 2 ekor kambing untuk anak laki laki di  berikan nama yang indah dan mengandung arti doa.
Seringlahsi bayi untuk mendengarkan musik atau bacaan alquran karena seorang bayi sudah aktif di alat pendengarannya dari pada penglihatannya. Seorang bayi mampu mengikuti suara yang di dengarnya tidak jarang ketika seorang bayi sering mendengar suara kotor dan jorok tumbuh kembangnya menjadi anak yang durhaka dan sembrono kepada orang lain.
Tahapan ketiga yaitu mendidik saat mulai tumbuh dari anak anak sampai baligh
ketika seorang anak sudah berumur 2 sampai 3 tahun dimana seorang anak memasuki masa kemasaan atau di sebut golden periode. Seorang anak pada usia tersebut  sangat peka terhadap rangsangan dari luar.
Pada usia tersebut sangat baik sekali bagi seorang anak di ajarkan pembelajaran seperti mendengarkan musik, bernyanyi dan membaca alquran. Bagi seorang ibu rajin rajinlah memberikan rangsangan terhadap anak kalian pada usia tersebut melalui aodiovisual dan menggambar /visual.
Disamping pendidikan tersebut di terapkan, di terapkan pulapendidikan keluarga dan moral, seperti cara bersalaman kepada orang lain, menghormati yang lebih tua,  melatih menghafal surat dari alquran yang pendek untuk mudah di ingat, mencium pipi saat seorang bapak atau ibu berangkat / pulang kerja.
pendidikan yang semacam ini akan melekat didalam benak anak sampai dia menju baligh ( dewasa ).
Terapkanlah metode ini kepada anak kalian agar nantinya anak kalian bisa menjadi kebanggaan keluarga nusa dan bangsa aamiin.
Demikian artikel ini saya tulis, mudah - mudahan bisa menjadi refensi bagi pembaca dan menyebar luaskan ilmu yang bermanfaat ini kepada keluarga dekat kalian, teman dan tetangga terima kasih.




CONVERSATION

0 comments: